Pencarian

Halaman

Sign by Danasoft - For Backgrounds and Layouts

Senin, 12 Desember 2011

FILM DIMENSI TIGA

Pernah mendengar film 3D, atau pernah nonton film 3D? bagi yang pernah nonton pastinya sudah tahu bagaimana rasanya dan apa saja prasyarat untuk bisa nonton film beginian. Memang berbeda sekali rasanya dibandingkan dengan menonton film 2D, apalagi ditambahi efek gerakan tempat dudukan yang mengikuti ritme film, wow...pastinya amazing, serasa ikut bagian didalam film tersebut. Postingan kali ini akan dibahas beberapa hal terkait gimana caranya bisa nonton film beginian. 
Adapun prasyarat yang dibutuhkan diantaranya :
  1. Film 3D
  2. Movie Player
  3. Kacamata 3D atau manual seeing (nonton dengan mata telanjang)

Ada beragam jenis film 3D, diantaranya Anaglyph film dan stereoscopy film. Anaglyph film biasanya disajikan dalam bentuk gambar yang memiliki anomali warna, yang mana anomali warna tersebut bisa difilter melalui pengaturan cahaya aditif yaitu warna merah dan cyan (biru telor asin). Sehingga untuk melihat film jenis ini harus menggunakan kacamata 3D anaglyph seperti gambar berikut :
Sedangkan untuk stereoscopy film, biasanya disajikan dalam bentuk film dua gambar. Sistem perekaman film dilakukan dengan merekam gambar dari 2 sisi prespektif. 
Film jenis ini dikenal dengan SBS film (Side By Side Film). Untuk melihat film 3D ini, biasanya digunakan perangkat khusus, namun bisa juga dengan menggunakan mata telanjang (The Cross-Eyed views). The cross-eyed views yaitu melihat obyek dengan mata juling, dimana akan muncul 3 gambar, namun yang jadi fokus perhatian adalah gambar yang ditengah dari 3 gambar tersebut.
Untuk jenis player, bisa digunakan pilihan berikut yaitu :
  1. Power DVD versi 10 atau 11
  2. Stereoscopic Player
Kedua player diatas, bisa digunakan untuk memutar film stereoscopy ataupun yang anaglyph, bahkan dari jenis stereoscopy-pun bisa dirubah kedalam bentuk anaglyph. 
Nah, bagi yang pingin menikmati film 3D, sekarang bisa dihadirkan di layar PC kalian.

4 komentar:

  1. permisi gam...,

    izin copas nya...

    credit/sumber ke link ente, trims

    BalasHapus
  2. lho, apa bisa pak nonton film 3D tanpa kacamata 3D?
    kunjungi juga:
    http://ilmu-farid.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. wah harus dicoba nih

    kunjungi juga:
    www.bagasbala.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Mas, password buat extract Stereoscopic Player yg di ziddu apa ya?
    Thx b4

    BalasHapus

IQRA'